Berita

UASBN - UNBK

Kalender

Februari 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29

Perpustakaan Pelita Hati

Pencarian

Memimilh Buku Bacaan

Empat Cara Membaca

Outing Class, Projek Penguatan Profil Belajar Pancasila Siswa SMAN 7 Pekanbaru, Tema Kearifan Lokal Dengan Menjelajah Budaya di Pulau Belimbing Kampar Riau



Ojenews.com Pekanbaru Riau,-Dalam rangka menerapkan Proyek Profil Pelajar Pancasila yang merupakan salah satu bentuk dari esensi nyata Kurikulum Merdeka belajar, SMA Negeri 7 Pekanbaru melaksanakan Outing Class,bertemakan Kearifan Lokal, Dengan Menjelajah Budaya di Pulau Belimbing Kabupaten Kampar Riau.

Sehubungan dengan perihal tersebut Kepala SMA Negeri 7 Pekanbaru Dr.Hj.Nurafni,M.Pd mengatakan bahwa kegiatan Outing Class kali ini bertemakan Kearifan Lokal dengan Menjelajah Budaya di Pulau Belimbing Kabupaten kampar Riau dan kegiatan itu diikuti oleh 108 siswa Kelas X yang didampingi oleh 10 orang guru.

“Salah satu metode pembelajaran yang dinilai dapat meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik adalah melalui outing class. Dengan belajar di luar kelas siswa akan merasakan sensasi baru dalam kegiatan belajarnya. Mengajak siswa keluar dari rutinitas yang biasa dilakukan di kelas tentunya akan menggugah rasa ingin tahu siswa tentang apa yang akan dipelajarinya,”jelas Dr.Hj.Nurafni,M.Pd pada www.ojenews.com.

                      ( Alat Musik Calempong )

Dikatakan Outing Clas dengan tema Menjelajah Budaya di Pulau Belimbing Kabupaten kampar Riau tersebut banyak hal yang dapat dipelajari oleh siswa terutama tentang budaya dan sejarah bahkan potensi destinasi wisata yang dimiliki,seperti sejarah Rumah lontiok yang merupakan rumah adat daerah Pulau Belimbing, permainan tradisional seperti Mancokam Puyuoh,Sandiwara Amal, Basiacuong Baghandu,Tari Pasombahan,Silek,Calempong,Manggolek Tobu,Pasang Lukah dan Kuliner khas daerah pulau Belimbing diantaranya,Baburu Galopuang,Bodak Bagondam,Gula Tarek,Kapiek Ndak batulang dan beberapa jenis makanan khas lainnya.

“Tujuannya agar siswa mengenal kearifan lokal di Kabupaten Kampar dan tepatnya Pulau Belimbing, seperti makanan dan budayanya.Pada kesempatan ini siswa juga mengenal sejarah berdirinya Rumah Lontiok mengenal alat musik tradisional talempong dan mengenal tari persembahan yang biasa digunakan masyarakat dalam berbagai acara dan juga mengenal kuliner atau makanan khas daerah Pulau Belimbing,”sebut Dr.Hj.Nurafni,M.Pd.

                ( Rumah Lontiok Pulau Belimbing Kampar Riau )

Sebagai mana dijelaskann Dr.Hj.Nurafni,M.Pd bahwa esensi dari Kurikulum Merdeka ialah memberikan ruang seluas-luasnya pada peserta didik untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrahnya sebagai manusia, dan sekolah sebagai stake holder memfasilitasi dan membuka ruang agar siswa dapat berkembang dengan baik sesuai dengan potensinya masing masing.

“SMA Negeri 7 Pekanbaru dengan predikat sekolah penggerak dengan kurikulum merdeka yang sudah mendapat SK dari Kemendikbudristek, projek profil pelajar Pancasila tema kearifan lokal memberikan ruang seluasluasnya bagi peserta didik untuk menemukan cara terbaik bagi mereka sehingga potensi potensi kemanusiaan yang sudah ada dalam diri mereka tumbuh dan berkembang dengan baik berdasarkan pengalaman pengalaman yang dilewati,”sebut Dr.Hj.Nurafni,M.Pd

Kepala Sekolah

SMAN 7 PEKANBARU SUDAH LAKUKAN TATAP MUKA

Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidika

SMA NEGERI 7 PEKANBARU MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADH

KUNJUNGAN DARI DIRJEN PENDIDIKAN NASIONAL KE SMAN

PERPISAHAN KELAS XII TAHUN AJARAN 2018-2019

PELAKSANAAN UASBN DI SMAN 7 PEKANBARU

Tari Persembahan

Ratusan Siswa SMAN 7 Pekanbaru Khatam Quran

SMAN 7 PEKANBARU GELAR LOMBA FUTSAL CUP SE SUMATER

PPDB SMAN 7 20148

Revolusi Mental

Masakan Melayu

Kegiatan upacara Bendera

SMAN 7 Pekanbaru Perdana Laksanakan Kurban

Kelas Kaya Literasi