Siswa SMAN 7 Pekanbaru Mengikuti ICAS 2018

Sebanyak 21 siswa SMAN 7 Pekanbaru mengikuti test Internasional pada subyek English dan Mathematics, Sabtu (15/09/2018). Tes yang diselenggarakan oleh University of New South Wales Australia ini lebih dikenal dengan nama ICAS (International Competitions and Assessments for Schools).
 
Alhamdulillah, pengerjaan soal dan pelaksanaan tes dapat berjalan dengan lancar. ICAS adalah sebuah tes berstandar international yang dapat dijadikan sebagai media untuk mengukur kemampuan siswa dalam bidang Writing, Matematika, Science, English dan Computer, ujar Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd.
 
Menurutnya, setiap peserta test akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh UNSW Australia, dan bila ada diantara mereka nantinya akan melanjutkan study ke luar negeri, khususnya Australia,maka sertifikat tersebut akan bisa dimanfaatkan dan menjadi kredit poin tersendiri.
 
ICAS memberikan kesempatan bagi siswa untuk merangsang keterampilan mereka dalam hal pemikiran kritis, komprehensif, kreativitas, dan Penyelesaian masalah yang diperlukan untuk kesuksesan di sekolah dan di komunitas yang lebih luas selain kemampuan dasar akademis pada tiap bidang studi yang diukur, ungkapnya. 
 
Lebih jauh Nurhafni menjelaskan, melalui laporan diagnostik, ICAS dapat dengan lebih terinci memetakan kekuatan dan kelemahan siswa dalam bidang studi yang diukur. Hasil ICAS juga bermanfaat untuk menentukan kebijakan pengembangan program pendidikan di sekolah, khususnya proses belajar mengajar di kelas. 
 
Di Indonesia, ICAS ditujukan bagi siswa tahun ke 4 hingga 12 atau tingkat 4 SD sampai dengan 3 SMA. Semua siswa yang mengikuti tes ini akan menerima Sertifikat Internasional dari Universitas New South Wales, Australia, kata Nurhafni.
 
Nurhafni menambahkan, pelaksanaan test diawasi oleh koordinator ICAS (Yuliana Marzuki) dan satu orang observer dari ICAS (Sri Sulastri).  Ini merupakan yang pertama kalinya untuk SMAN 7 Pekanbaru mengikuti test dari ICAS. Semoga ini bisa membawa perubahan untuk kemajuan pendidikan, sehingga SMAN 7 mampu bersaing di era global, pungkasnya. (ade)

Berita Terkini